Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Rayap

Kayu adalah bahan yang bagus dijadikan perabotan dan bangunan rumah. Tampilannya akan semakin elegant jika dirawat dengan baik. Namun sayangnya, jika tidak menggunakan kayu yang berkualitas dan tidak dirawat dengan baik maka kayu bisa terserang oleh hama rayap. Ada banyak sekali obat dan ramuan yang digunakan oleh jasa anti rayap.

Namun, tetap saja kadang rayap datang lagi dan lagi, menggerogoti setiap inci perabotan dan bangunan Kita. Sehingga buat banyak kerugian untuk Kita. Jadi, mulai saat ini, sebaiknya Anda ketahui beberapa tips mengatasi rayap agar rayap tidak merajalela berkembang biak di rumah Anda. Simak di bawah ini dengan baik:

  1. Rutin Membersihkan Saluran Air 

Rayap sangat menyukai tempat yang lembab sehingga Anda harus menjaga agar rumah Anda selalu dalam keadaan kering. Penyebab utama meningkatnya kelembaban di dalam rumah salah satunya karena saluran air tidak dijaga dengan baik.

Sebaiknya bersihkan saluran air secara teratur, jangan biarkan saluran air tergenang atau tersumbat. Bersihkan dari dedaunan kering atau kotoran sehingga air bisa mengalir dengan baik dan tidak menimbulkan keadaan yang lembab.

  1. Memaksimalkan Penerangan

Agar terhindar dari serangan rayap, Anda harus mengubah rumah Anda menjadi rumah yang memiliki akses udara dan penerangan yang baik. Biarkan udara dan cahaya matahari masuk melalui jendela dan ventilasi. Rayap tidak menyukai tempat yang terang.

  1. Perbaiki Keran Anda

Jangan menunda melakukan sesuatu hal baik terutama jika keran Anda rusak atau bocor. Segeralah perbaikinya. Jika Anda tidak bisa, mintalah bantuan jasa perbaikan. Keran yang bocor bisa menarik rayap karena kelembaban meningkat. Dan rayap sangat menyukai tempat yang lembab.

  1. Hindari Menumpuk Kayu di Halaman

Sebaiknya simpan kayu sisa Anda di dalam gudang dan dalam keadaan kering serta pencahayaan yang baik. Jika Anda meletakannya di halaman rumah, selain mengurangi keindahan, kerapian, ternyata bisa menjadi sarang rayap yang nantinya bisa menyerang rumah Anda.

  1. Jagalah Kebersihan Gudang

Gudang adalah tempat yang paling jarang Anda kunjungi, meski dikunjungi pun sekedar menaruh dan mengambil barang. Sebaiknya, mulai sekarang, ubah gudang Anda. Perbaiki pencahayaannya, berikan ventilasi agar udara dan cahaya matahari bisa masuk ke sudut ruangan.

Jika Anda membersihkan gudang seminggu sekali, dengan begini, rayap tidak akan mendekati gudang Anda lagi.

  1. Menggunakan Kayu yang Berkualitas

Sebaiknya gunakan kayu yang berkualitas sebagai bahan perabotan dan bangunan Anda. Namun jika tidak bisa karena terkendala finansial, Anda bisa menggunakan cat dengan pelapis anti rayap atau menggunakan cairan anti rayap yang dijual di toko bangunan.

Karena, kayu dengan kualitas biasa akan lebih mudah dimakan rayap. Jadi, perhatikan perabotan atau bahan bangunan yang akan Anda beli saat akan membayarnya.

  1. Memanggil Jasa Anti Rayap

Jika Anda sudah berusaha semaksimal mungkin mencegah rayap masuk ke rumah dan menggerogoti perabotan Anda, namun tetap saja tidak ada hasil. Sebaiknya mintalah bantuan jasa anti rayap agar rayap bisa segera dibasmi dengan tuntas. Terlebih lagi, jasa anti rayap tentunya sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga disarankan untuk menggunakan beberapa obat anti rayap alami seperti kapur barus, kapur ajaib, minyak tanah, dan beberapa bahan lainnya. Karena menggunakan obat alami selain lebih aman, juga lebih murah dan mudah didapatkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *